Senin, 14 November 2011

RESUME MIKRO EKONOMI

A. RUANG LINGKUP ILMU EKONOMI
Ilmu Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana manusia mengalokasikan sumberdaya yang terbatas untuk menghasilkan komoditi atau barang-barang yang memberikan kepuasan bagi manusia serta bagaimana barang tersebut didistribusikan kepada ornag lain.Dalam ilmu ekonomi , ilmu ekonomi terbagi atas :
1. Ilmu Ekonomi Mikro
Yaitu satu bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.
2. Ilmu Ekonomi Makro
Yaitu menitikberatkan pada aktivitas ekonomi dari para pelaku ekonomi secara individual yaitu konsumen, pemilik sumber daya dan perusahaan atau produsen.
Ada 3 macam Sistem Perekonomian :
1. Kapitalisme
2. Sosialisme
3. Campuran
B. PERMINTAAN DAN PENAWARAN
  1. Permintaan
Adalah banyaknya suatu komoditi yang ingin dibeli dan dapat dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga pada suatu saat tertentu.
Permintaan seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang.
Ditentukan oleh faktor-faktor,diantaranya :
1. Harga barang itu sendiri (Px)
2. Harga barang lain ( Py)
3. Pendapatan konsumen (Inc)
4. Cita rasa (T)
5. Iklim (S)
6. Jumlah penduduk (Pop)
7. Ramalan masa yang akan datang (F)
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis
yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut
dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau
naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya
apabila harga turun jumlah barang meningkat.
Daftar Permintaan
Daftar permintaan ialah suatu tabel yang memberi gambaran dalam
angka-angka tentang hubungan antara harga dengan jumlah yang diminta
masyarakat. Ia menggambarkan besarnya permintaan yang ada pada
berbagai tingkat harga.
Harga Barang
( P )
Jumlah Barang
( Q )
800
50
700
70
600
80
500
85
400
95
Kurva Permintaan
Kurva Permintaan dapat didefinisikan sebagai :
“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu
barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para
pembeli.”
Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun
dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat
hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat
hubungan terbalik. 
Gerakan sepanjang kurva permintaan
Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang
yang diminta menjadi makin tinggi atau makin menurun.
Pergeseran kurva permintaan
Kurva permintaan kan bergerak kekanan atau kekiri apabila terdapat
perubahan – perubahan terhadap permintaan yang ditimbulkan oleh faktorfaktor
bukan harga, sekiranya harga barang lain, pendapatan para pembeli
dan berbagai faktor bukan harga lainnya mengalami perubahan, maka
perubahan itu akan menyebabkan kurva permintaan akan pindah ke kanan
atau ke kiri.
  1. Penawaran
Yaitu sebagai banyaknya suatu barang yang ingin ditawarkan oleh produsen dipasar pada berbagai tingkat harga pada suatu saat tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang oleh produsen, yaitu :
  1. Harga Barang itu sendiri
  2. Perubahan salah satu atau lebih faktor-faktor lain.
  3. Struktur pasar
  4. faktor-faktor lain seperti kebijakan pemerintah
Hukum Penawaran
Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa :
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang
tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah
harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang
ditawarkan.”
Daftar Penawaran
Daftar penawaran yang gambaran yang menunjukan jumlah
penawaran pada berbagai tingkat harga.
Harga Barang
( P )
Jumlah Barang
( Q )
150
45 unit
125
38 unit
100
35 unit
80
25 unit
60
15 unit
50
5 unit
Kurva penawaran
Kurva penawaran menunjukan hubungan antara harga barang tersebut dipasar dengan jumlah yang ingin diproduksi dan dijual oleh produsen.


Gerakan sepanjang dan pergeseran kurva penawaran
Perubahan dalam jumlah yang ditawarkan dapat berlaku sebagai
akibat dari pergeseran kurva penawaran.
C. ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Elastisitas permintaan.
Adalah mengukur perubahan jumlah barang yg dibeli akibat perubahan
suatu faktor yang mempengaruhinya.
Rumus penghitung koefesien elastisitas permintaan:
Persentasi perubahan jumlah barang yang diminta
Ed =
Persentasi perubahan harga

2.Elastisitas Penawaran
Adalah mengukur responsif penawaran sebagai akibat perubahan
harga.
Koefisien elastisitas penawaran dapat dihitung menggunakan rumus
berikut :
Persentasi perubahan jumlah barang yang ditawarkan
Es =
Persentasi perubahan harga
D. TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN
  1. Perilaku Konsumen (Teori Nilai Guna / Utility)
Dibedakan menjadi :
1. Total Utility ( TU )
Adalah jumlah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang tertentu.
2. Marginal Utility ( MU )
Adalah tambahan kepuasan yang diperoleh seseorang sebagai
akibat dari menambah satu unit barang untuk memenuhi kepuasannya.
∆TU : MU = ∆Q

0 komentar:

Posting Komentar